Ragam masakan Indonesia pun begitu banyak dan rata rata membuat kalian menelan ludah hanya dengan melihat gambar masakannya saja, apalagi mencicipinya. Nah, rasanya tak lengkap jika mengunjungi kota Baubau tanpa mencicipi satu jenis kuliner yang sangat mudah di jumpai di setiap sudut kota Baubau, yakni olahan kuliner ikan. Baubau di anugrahi dengan potensi penghasilan ikan yang cukup berlimpah. Masyarakat banyak menjual ikan di pinggir-pinggir jalan, baik yang sudah menjadi olahan siap saji hingga yang masih mentah, tinggal memilih sesuai selera. Olahan ikan yang cukup khas di dengar di kota ini adalah Sup Ikan Parende. Yupss!!! Kuliner satu ini tentunya berbahan dasar ikan dan juga kuliner ini ternyata sudah menjadi primadona bagi warga kota Baubau.

Parende merupakan hidangan kuah bercita rasa asam, pedas, dan gurih. “Parende itu bahasa Buton yang artinya air mendidih. Artinya, ikan yang diolah harus dimasak saat air sedang mendidih. Kuahnya yang berwarna kuning dengan berbahan rempah lainnya mampu mengeluarkan cita rasa yang kuat dan alami.
Ikan parende menjadi incaran wisatawan yang datang dari Kepulauan Buton. Banyak orng orng di luar sana penasaran dengan rasanya yang khas.
“saya kalau ke Baubau pasti harus makan ikan Parende selain kuliner khas kota ini, masakan Parende dan Ikan Bakar memang juaranya di lidah semua orang” ungkap seorang wisatawan. Cara pembuatan ikan parende pun sangat mudah.
Mula-mula, ikan lebih dulu dipilih dengan kualitas kesegaran yang tinggi. Karena kesegaran ikan akan menentukan teksturnya saat dikonsumsi. Umumnya, ikan yang sangat direkomendasikan untuk mengolah jenis kuliner ini menggunakan jenis ikan kakap merah, kerapu hingga Ikan Putih (Bobara). Setelah menentukan ikan yang akan diolah, kemudian dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian. Lalu, potongan ikan dilumuri jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.
Setelah ikan dibersihkan dan dipotong beberapa bagian, kemudian bawang merah, bawang putih dan daun serai ditumis hingga mengeluarkan aroma sedap dan berubah warna, Siapkan Air beberapa gelas kemudian dicampurkan dengan tumisan tadi. Lalu, rempah-rempah lainnya dimasukkan sebagai penyedap rasa kuat dan bahan-bahan lainnya seperti tomat, kunyit, cabe rawit dan merah, irisan daun bawang, daun kemangi, hingga belimbing.
Setelah semua bahan-bahan campuran tadi dimasukkan, lalu wajan ditutup dengan rapat agar aroma dari rempah-rempah tidak keluar dan bisa mendidih dengan cepat. Salah satu cara memasak kuliner ini yakni air yang dimasak tadi harus mendidih.

Jika di bayangkan, rasanya sangat lezat bukan. Yukss!!!! jadiin Ikan Parende Kuah Kuning ini list makanan yang harus kamu cobain!!